Follow us:

Amal-amal Utama di Lailatul Qadar

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu ‘Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Keutamaan Lailatul Qadar didapatkan dengan mengerjakan amal shalih di malam itu. Yaitu dari terbenam matahari hingga terbit fajar. Ini berlaku umum untuk semua amal shalih. Tidak terbatas pada shalat dan tilawah saja. Maka setiap orang yang mendekatkan diri kepada Allah di malam itu dengan amal shalih jenis apapun berharap akan dilipatgandakan pahalanya dan memperoleh keutamaannya yang lebih baik dari seribu bulan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al-Qadar: 3)

Lailatul Qadar adalah malam yang diagungkan dan dimuliakan. Allah nampakkan keagungannya dengan meningkatnya amal-amal ibadah hamba. Siapa yang amal ibadahnya diterima di malam itu nilainya lebih utama dibandingkan amal ibadah selama seribu bulan. Pahala yang sangat banyak dan balasan yang sangat besar atas amal-amal kecil dan sedikit.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda tentang siapa yg beramal di dalamnya,

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa yang menunaikan shalat malam di Lailatul Qadar imanan wa ihtisaban (dengan keimanan dan mengharap pahala), diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Siapa yang menghidupkan malam itu dengan shalat diikuti amal ketaatan lainnya karena membenarkan janji Allah dan pahala atas amal itu, meminta ganjaran dari Allah, bukan karena sebab lainnya, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Yang terpenting bagi kita di malam itu adalah kesungguhan kita dalam beribadah dan ikhlas dalam melaksanakan ibadah; baik tahu malam itu Lailatul Qadar atau tidak.

Dari sekian banyak amal shalih ada beberapa amal yang sangat istimewa secara umum, yaitu shalat malam, tilawah Al-Qur’an, berdzikir, istighfar dan taubat, berdoa, bersedekah, dan amal-amal lainnya.

Perlu kita ketahui, keutamaan Lailatul Qadar bisa didapatkan oleh setiap muslim yang diterima amal ibadahnya di malam itu.

Ibnu rajab dalam Lathaif al-Ma’arif, saat menjelaskan hadits, “di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa diharamkan kebaikan di dalamnya sungguh telah diharamkan dari kebaikan.” Juwaibir berkata: Aku berkata kepada al-Dahhak, bagaimana pendapatmu tentang wanita nifas dan haid, musafir, dan orang tidur; apakah mereka mendapat bagian di Lailatul Qadar? Ia menjawab: ya, setiap orang yang Allah terima amalnya niscaya Allah berikan kepadanya bagian (keutamaan) Lailatul Qadar.”

Sesungguhnya karunia dan anugerah Allah sangat luas. Kita memohon kepada Allah agar menganugerahkan karunia dan kebaikan yang besar kepada kita di bulan Ramadhan ini, khususnya di Lailatul Qadar. “Ya Allah janganlah engkau haramkan kami dan kaum muslimin dari kebaikan di malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Oleh:ustadz Badrul Tamam

(hud/darussalam.id)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved