Follow us:

Arab Saudi Bangun Pusat Seni Digital yang Pertama di Dunia

DARUSSALAM.ID, Ad diriyah – Arab Saudi telah memulai pembangunan Ad Diriyah Art Oasis. Ini akan menjadi pusat seni digital pertama yang ada di dunia. Rencananya proyek pembangunan Ad Diriyah Art Oasis akan selesai dan diperkenalkan pada 2022.

Seperti dilansir Arab News pada Kamis (5/10) proyek ini merupakan kerja sama antara Otoritas Pengembangan Gerbang Diriyah (DGDA) dan Kementerian Kebudayaan Arab Saudi untuk mendorong inovasi di bidang digital, kecerdasan buatan, dan teknologi modern.

Berada di jantung kota Ad Diriyah, pusat seni digital yang dirancang oleh Amedeo Schiattarella ini akan menjadi bagian dari distrik warisan Al Bujairi seluas 10 ribu meter persegi. Di dalamnya dilengkapi dengan enam studio seni, fasilitas hiburan remaja dan perpustakaan, serta teater untuk lokakarya dan kuliah. Fasilitas ini akan mewujudkan lingkungan kreatif terintegrasi untuk penelitian, pengembangan, dan produksi seni digital modern. Di antara jurusan pendidikan yaitu seni, kecerdasan buatan, komputasi kreatif dan pembelajaran otomatis. Selain itu seni digital, fotografi, produksi film dan seni suara. Serta desain grafis, pemodelan 3d, animasi dan grafik animasi. Terdapat juga pusat penelitian seni komputer  yakni sebuah program pendidikan yang mengeksplorasi budaya yang berkembang dalam konteks dunia kontemporer.

Ad Diriyah Art Oasis juga akan menyelenggarakan acara-acara publik seperti pameran seni dan kecerdasan buatan Internasional yang diadakan setiap tahunnya, selain itu rangkaian hackathon yang berfokus pada penerapan seni digital.

Dengan keberadaan Ad Diriyah Art Oasis akan meningkatkan reputasi kota Ad Diriyah sebagai pusat budaya kontemporer, di mana pemandangan seni yang berkembang di Kerajaan Arab Saudi dapat dieksplorasi sambil mendorong investasi dalam sains dan teknologi lebih lanjut di daerah itu.

Kemitraan yang dijalin dengan DGDA merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan dari Kementerian Kebudayaan Arab Saudi untuk mengembangkan ekosistem budaya di Kerajaan Arab Saudi serta menyediakan platform baru untuk mengekspresikan budaya Sebagai bagian inti dari transformasi budaya negara di bawah visi 2030.(HUD/Republika.co.id)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved