Follow us:

Corona di Indonesia, MUI Imbau Umat Islam Perbanyak Wudhu

DARUSSALAM.ID, Jakarta – Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghimbau Umat Islam untuk membaca Qunut Nazilah agar terhindar dari virus Corona. Pernyataan ini mencermati kondisi aktual saat ini terkait penyebaran virus Corona di beberapa negara dan sudah terdeteksinya penyebaran virus tersebut di Indonesia.

“Mengajak umat Islam untuk melakukan Qunut Nazilah, berdoa untuk menangkal turunnya mala petaka di setiap shalat fardhu,” ujar Wasekjen MUI, Sholahuddin Al Ayyubi dalam konferensi pers di Kantornya, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (04/03/2020).

MUI pun mengajak semua elemen bangsa, khususnya yang beragama Islam, untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindar dari musibah ini. Yaitu dengan memperbanyak taubat, memohon ampun kepada Allah.

“Meninggalkan perilaku dzalim, memperbanyak sedekah, dan meninggalkan permusuhan, karena penyebaran virus Corona ini bisa jadi merupakan peringatan dari Allah SWT agar umat Islam semakin mendekatkan diri kepada-Nya,” ujar Sholahuddin.

Selain itu, MUI juga menghimbau umat Islam agar memperbanyak wudhu sesuai tata caranya secara benar dan sempurna. Khususnya saat mencuci kedua tangan agar melakukannya lebih ekstra dengan memakai sabun yang diyakini lebih bersih. Saat berkumur dan saat membersihkan hidung.

“Karena sesuai keterangan para ahli kesehatan cara-cara tersebut diyakini dapat menangkal penularan virus Corona,” ujarnya.

Dewan Pimpinan MUI juga menyerukan Umat Islam agar berpegang teguh kepada pola hidup yang Islami. Dimulai dengan makanan, minuman, pakaian dan muamalah demi meraih ridha Allah SWT sesuai perintah agama.

“MUI juga menghimbau semua elemen bangsa untuk tetap tenang, bersatu, mengedepankan sikap saling membantu, menghindarkan perilaku saling berbantahan dan saling menyalahkan. Serta tidak menyebarkan berita atau informasi yang belum diketahui kebenarannya, dan bersama-sama melakukan segala upaya untuk menangkal dan meminimalkan potensi penyebaran virus Corona tersebut,” tutup Sholahuddin.(Hud/Kiblat.net)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved