Follow us:

Emir Qatar Tak Akan Hadiri KTT GCC di Riyadh

DARUSSALAM.ID, Doha – Pemerintah Qatar, Selasa (10/12/2019), mengumumkan secara resmi bahwa Emirnya, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, menugaskan Perdana Menteri untuk menghadiri KTT Dewan Kerjasama Teluk (GCC) di Riyadh atas namanya. Ketidakhadiran Sheikh Tamim ini memupus harapan solusi bagi krisis diplomatik antara Doha dan negara-negara Teluk di pertemuan tahunan itu.

Harapan tersebut tergantung pada kehadirian Emir Qatar di KTT setelah banyaknya tanda-tanda kemungkinan terobosan untuk mengakhiri sengketa politik yang disebabkan oleh Arab Saudi, Bahrain, UEA dan Mesir itu. Negara-negara itu secara sepihak memutuskan hubungan dengan Doha pada 2017 dengan dalih “terorisme”.

Namun, Kantor Berita Qatar mengatakan bahwa “dengan mandat Yang Mulia, Sheikh Abdullah bin Nasser bin Khalifa Al Thani, Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri, akan memimpin delegasi Negara Qatar pada pertemuan puncak Riyadh pada Selasa.”

Pada 22 Juni 2017, empat negara pemblokade Qatar mengajukan 13 daftar persyaratan untuk memulihkan hubungan mereka dengan Doha. Di antaranya, menutup pangkalan militer Turki di tanah Qatar, mengurangi hubungan dengan Iran dan menutup saluran Al-Jazeera.

Qatar menolak memenuhi syarat-syarat tersebut. Doha juga menolak segala tuduhan yang digunakan keempat negara tersebut sebagai dalih memblokade negaranya.

Keretakan regional ini menyebabkan kerugian banyak keluarga dan tingginya biaya bisnis. Boikot ekonomi yang diberlakukan Saudi CS mencegah pesawat-pesawat Qatar melintasi wilayah udara mereka.

Dalam beberapa pekan terakhir, tanda-tanda terobosan muncul ketika Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Bahrain berpartisipasi dalam Piala Sepak Bola Teluk di Qatar bulan ini. Sebelumnya Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdul Rahman Al Thani mengumumkan bahwa “beberapa kemajuan” telah dibuat selama diskusi dengan Arab Saudi.

Perdana Menteri Qatar memimpin delegasi negaranya dalam serangkaian pertemuan di Mekah Mei lalu untuk membahas ketegangan antara negara-negara Teluk. Ini merupakan delegasi tingkat tinggi pertama Qatar dalam pertemuan regional.(Hud/Kiblat.net)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved