Follow us:

Erdogan Memperingati 1 Tahun Pembukaan Masjid Agung Hagia Sophia

Umat ​​Muslim berdoa di luar Hagia Sophia era Byzantium, salah satu tempat wisata utama Istanbul di distrik bersejarah Sultanahmet Istanbul, mengikuti keputusan Dewan Negara Turki, Jumat, 10 Juli 2020. (Foto AP / Emrah Gurel) Baca selengkapnya di artikel "Erdogan Resmi Jadikan Hagia Sophia sebagai Masjid",

Darussalam.id, Ankara – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Sabtu (25/7/2021) menandai ulang tahun pertama pembukaan kembali Masjid Agung Hagia Sophia (Ayasofya) yang ikonik di Istanbul. Dalam sebuah unggahan di Twitter, Erdogan mengatakan Hagia Sophia “adalah simbol kebangkitan peradaban kita.”

“Segala puji bagi Tuhan kita, yang menunjukkan kepada kita hari ini … Saya berharap suara-suara adzan, shalawat (doa) dan Al-Qur’an tidak akan hilang dari kubah tempat suci yang agung ini sampai akhir zaman, ” tambahnya dikutip Yeni Safak.

Erdogan juga mengunggah video yang menunjukkan shalat Jumat pertama di Masjid Agung Hagia Sophia untuk pertama kalinya setelah absen selama 86 tahun.  Pada 24 Juli 2020, shalat Jumat di Masjid Agung Hagia Sophia menandai ibadah umat Islam pertama di sana dalam 86 tahun.

Di masa lalu, Hagia Sophia berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun, selama 86 tahun berfungsi sebagai museum, tetapi sebagian besar keberadaannya – antara 1453 hingga 1934, hampir 500 tahun – dihabiskan sebagai masjid, status ini dilanjutkan tahun lalu.

Pada tahun 1985, Hagia Sophia ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO. Selain sebagai masjid, Hagia Sophia juga merupakan salah satu tujuan wisata utama Turki dan tetap terbuka untuk pengunjung domestik dan asing.(HUD/Hidayatullah.com)

Share This:

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved