Tentara India Bunuh 6 Militan Khasmir

Darussalam.id —Pasukan militer India hari Ahad (25/11/2018) membunuh enam militan Kashmir dalam baku tembak di wilayah Kashmir yang dipersengkatakan, kata pihak militer.

Keenam orang itu ditembak mati oleh tentara India di sebuah desa di Srinagar dalam operasi militer hari Ahad, kata jubir militer India di Kashmir Kolonel Rajesh Kalia, lapor Reuters. Satu tentara India juga tewas dalam peristiwa itu.

Mayat-mayat militan dan amunisi mereka sudah diangkut dari lokasi operasi, kata Kalia.

Setelah operasi militer itu usai, penduduk setempat melempari tentara India dengan batu, yang kemudian dibalas dengan tembakan peluru karet, gas air mata dan juga peluru hidup, kata seorang pejabat kepolisian yang tidak memiliki wewenang berbicara kepada media. Akibatnya seorang tewas dan seorang lainnya dalam kondisi kritis.

Sepanjang tahun 2018 ini sudah 411 orang terbunuh di Kashmir, satu-satunya negara bagian di India yang mayoritas penduduknya Muslim. Lebih dari setengah warga setempat berusah melepaskan diri dari kungkungan penguasa India. Perlawanan mereka pada tahun 2008 menewaskan tidak kurang dari 505 orang.

(Haidar/Hidayatullah.com)

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *