Gerhana Bulan Diprediksi Terjadi 17 Juli, Kemenag Ajak Umat Shalat Khusuf

DARUSSALAM.ID – JAKARTA–Gerhana Bulan atau khusuful qamar diprediksi akan kembali terjadi pada Rabu (17/7/2019). Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin menjelaskan bahwa kawasan Indonesia barat dan tengah dapat mengamati gerhana bulan ini. Awal gerhana diperkirakan mulai pukul 03:01 WIB hingga 05:59 WIB. “Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 04:30 WIB,” ujarnya di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Muhammadiyah Amin mengajak umat Islam untuk melaksanakan Shalat Gerhana atau Shalat Khusuf. Ditjen Bimas Islam telah menerbitkan seruan kepada para Kepala Kanwil Kemenag agar menginstruksikan Kepala Bidang Urusan Agama Islam/Kepala Bidang Bimas Islam/Pembimbing Syariah, Kepala Kemenag Kabupaten/Kota, dan Kepala KUA untuk bersama para ulama, pimpinan ormas Islam, imam masjid, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Gerhana Bulan Parsial di wilayahnya masing-masing. “Pelaksanaan shalat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing,” kata Muhammadiyah.

“Kami juga mengimbau masyarakat memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, serta mendoakan keselamatan dan kemajuan bangsa,” (pray/islampos.com)

About Post Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *