Follow us:

Israel Segera Kirim Delegasi ke Sudan Bicara Normalisasi

DARUSSALAM.ID, Khortum – Israel berencana mengirimkan delegasi pertamanya ke Sudan untuk memperkuat kesepakatan normalisasi. Seperti dilansir Iqna.ir pada Kamis (12/11). Delegasi Israel itu akan dikirim beberapa hari kedepan ke Khartoum .

Berdasarkan laporan Reuters delegasi Israel itu akan mengunjungi Sudan pada Ahad mendatang. Meski begitu baik pejabat Israel dan Sudan belum memberikan penjelasan tentang laporan tersebut.

Pada Oktober lalu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengumumkan di Gedung Putih bahwa Sudan dan Israel telah setuju untuk normalisasi hubungan dua negara itu.

Dengan demikian, Sudan menjadi negara Arab ketiga setelah Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain yang telah menyetujui kesepakatan normalisasi dengan Israel sejak Agustus lalu. Namun sejauh ini belum ada seremonial penandatanganan kesepakatan antara Sudan dan Israel.

Normalisasi hubungan Sudan dan Israel terjadi setelah adanya kesepakatan Sudan dan Amerika Serikat di Washington. Amerika Serikat sepakat menghapus Sudan dari daftar negara yang disebut Amerika Serikat sebagai negara sponsor terorisme. Amerika juga sepakat membuka blokir bantuan ekonomi dan investasi di negara yang berada di Timur laut Benua Afrika itu.

Sementara itu faksi-faksi Palestina dan rakyat Palestina mengecam keras kesepakatan normalisasi dengan Israel yang dilakukan Bahrain, UEA, dan Sudan. Hal itu dianggap sebagai pengkhianatan terhadap perjuangan Palestina.

Sementara itu Kantor Berita Sudan, Suna melaporkan bahwa utusan khusus Amerika Serikat yakni Donald Booth  tiba di Sudan pada Senin lalu untuk mengadakan diskusi dengan pra pejabat senior Sudan tentang hasil penghapusan Sudan dari daftar negara penyokong terorisme.

Suna melaporkan bahwa Booth sudah mengadakan pertemuan terpisah dengan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Sudan, Madani Abbas Mdani dan Wakil Menteri Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial, Mohammad Al Shabek.

Utusan Amerika Serikat itu dijadwalkan akan mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Sudan, Abdalla Hamdok dan Ketua Dewan Kedaulatan Jenderal Abdel Fattah al Burhan pada hari ini, Kamis (12/11).(HUD/Republika.co.id)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved