Follow us:

Masjid-masjid di Arab Saudi Kembali Dibuka

 darussalam.id, Riyadh — Pemerintah Arab Saudi kembali membuka masjid untuk shalat jamaah pada Ahad (31/05/2020). Selama kurang lebih dua bulan seluruh masjid di Saudi ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Muazin Masjid Al-Rajhi (salah satu masjid terbesar di ibu kota Riyadh), Abdel Majid Al-Muhaisen, mengungkapkan kebahagiaannya bisa kembali menyeru orang untuk shalat jamaah di masjid.  Selama masjid tempatnya azan ditutup,  ia tetap berazan namun menyeru orang shalat di rumah.

“Allah memberikan nikmat kembali dengan bisa menyeru orang untuk shalat di masjid, ” ujarnya,  seperti dilansir Reuters.

Para jamaah pergi ke masjid untuk melakukan shalat Subuh di bawah aturan ketat. Mereka harus menggunakan masker, membawa sajadah sendiri,  menghindari berjabat tangan dan berdiri pada jarak setidaknya dua meter.

Pihak berwenang tidak mengizinkan orang tua, anak-anak di bawah 15 tahun, dan penderita penyakit kronis pergi ke masjid.  Jamaah juga diharuskan berwudhu di rumah sebelum pergi shalat di masjid.

Mamoun Bashir, seorang warga Suriah di Riyadh, mengatakan bahwa air mata memenuhi matanya ketika ia memasuki masjid dan mendengar azan untuk shalat.

Pemerintah Saudi mengatakan bulan ini mereka akan menghapus pembatasan dalam tiga tahap. Jam malam akan berakhir pada 21 Juni di seluruh kerajaan, dengan pengecualian kota suci Mekah.

Semwntara itu,  penyelengaraan haji dan umrah masih ditangguhkan.

Arab Saudi, dengan populasi sekitar 30 juta orang, mencatat lebih dari 83.300 infeksi dan 480 kematian akibat virus Corona, yang merupakan hasil tertinggi di antara negara-negara Teluk Arab.(hud/Kiblat.net)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved