Follow us:

Menlu RI Lepas Bantuan Kemanusiaan Untuk Rakyat Afghanistan

Darussalam.id,Bandara Soekarno-Hatta – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi pada Ahad (9/1) melepas dua pesawat yang membawa bantuan makanan dan nutrisi untuk rakyat Afghanistan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

“Saat ini saya berada di Bandara Soekarno Hatta untuk melepas dua pesawat bantuan kemanusiaan Indonesia untuk rakyat Afghanistan,” ujar Menlu dalam acara pelepasan yang disiarkan secara virtual.

Menurut Menlu wanita pertama Indonesia itu, bantuan tersebut merupakan tambahan dari bantuan kemanusiaan dan kerjasama pembangunan yang telah dikomitmenkan oleh pemerintah RI.

Retno juga mengatakan, dalam mempersiapkan bantuan kemanusiaan tersebut, Indonesia terus melakukan koordinasi dengan Badan badan PBB yang berada di lapangan, khususnya World Food Program (WFP).

“Bantuan kemanusiaan ini juga akan disalurkan bekerja sama dengan WFP dan akan disupervisi oleh misi Indonesia di Kabul,” jelasnya.

Bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan tersebut diberikan sebagai respon terhadap situasi kemanusiaan yang semakin memburuk di Afghanistan.

Menurut Menlu, 23 juta penduduk terancam kelaparan, jumlah ini melebihi setengah penduduk Afghanistan. Selain itu lebih dari tiga juta anak anak Afghanistan juga terancam malnutrisi.

Selain bantuan kemanusiaan jangka pendek, Indonesia juga tengah mempersiapkan bantuan jangka panjang antara lain pendidikan dan pemberian kapasitas terutama untuk kaum perempuan Afghanistan.

“Dalam waktu dekat, pembahasan lebih dalam mengenai kerja sama Pendidikan dan pemberdayaan perempuan di Afghanistan akan saya bahas dengan Qatar dan wakil dari Afghanistan,” kata Menlu RI. (HUD/Mirajnews.net)

Share This:

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved