Follow us:

Muhammadiyah Luncurkan Lembaga Uji Kompetensi Wartawan

DARUSSALAM.ID,Yogyakarta – Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Muhammadiyah bersama Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) pada Senin (5/10) meluncurkan Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW).

Lembaga Uji Kompetensi Wartawan milik Muhammadiyah ini, akan turut berkontribusi menghadirkan wartawan berintegritas dengan standar yang telah ditetapkan Dewan Pers.

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang membidangi Majelis Pustaka dan Informasi (MPI), Dadang Kahmad mengatakan, kompetensi wartawan saat ini perlu ditingkatkan, bukan hanya soal kemampuan kewartawanan tapi juga etikanya.

“Model ini terus dikembangkan di aspek-aspek yang lain, di samping ini sebagai lembaga uji kompetensi wartawan nanti ke depan akan lebih banyak lagi kolaborasi, karena ini merupakan suatu keniscayaan,” kata Dadang dalam webinar ‘Media dan Demokrasi’, sekaligus peluncuran LUKW UMJ.

Sementara itu, Ketua Majelis Pustaka Informasi (MPI) PP Muhammadiyah, Muchlas MT menyebut selain untuk meningkatkan jurnalis di media internal Muhammadiyah, UKW yang diselenggarakan juga dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi jurnalis Islam lainnya, bahkan jurnalis umum yang ada di Indonesia.

Selain memiliki kompetensi kewartawanan yang komprehensif, jurnalis Islam juga diharapkan memiliki etika jurnalistik yang dikembangkan dari nilai-nilai Islam dan Ke-Muhammadiyah-an.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Syaiful Bahri berharap, dengan adanya Lembaga Uji Kompetensi Wartawan FISIP UMJ ini mampu memberikan penguatan kinerja jurnalisme Indonesia semakin profesional.

“Semakin wartawan profesional, maka proses kehidupan berbangsa, baik sosial, politik, hukum, dan ekonomi semakin baik,” ujarnya.(HUD/Minanews.net)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved