Follow us:

MUI Kritik Perkataan Kepala BPIP, Desak Presiden Copot Jabatannya

DARUSSALAM.ID,Jakarta – Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengkritik perkataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang mengatakan, Pancasila adalah musuh agama. Anwar mendesak agar Presiden Jokowi untuk mencopot Yudian dari jabatannya.

“Kalau benar beliau punya pandangan seperti itu, maka tindakan Presiden yang paling tepat untuk beliau adalah yang bersangkutan dipecat tidak dengan hormat,” kata Abbas dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (12/2).

Menurut Abbas pemikiran Kepala BPIP yang baru saja dilantik pekan kemarin, Rabu (5/2), itu bisa mengancam eksistensi negara.

“Saya tidak mengerti dan tidak bisa memahami pernyataan Kqepala BPIP yang menyatakan agama jadi musuh terbesar Pancasila,” ujarnya.

Anwar pun mempertanyakan, bagaimana bisa seorang Kepala BPIP punya pemahaman seperti itu? Ia mengatakan, kalau cara pandang seperti itu diikuti, maka logikanya musuh dari pancasila tersebut yaitu agama.

“Lalu timbul pertanyaan. Kalau agama harus diberangus, lalu sila pertama dari Pancasila tersebut mau dikemanakan? Dibuang? Kalau dibuang, berarti tidak Pancasila lagi. Dan berarti, negara ini bubar,” kata Anwar.

Oleh karena itu, kalau Presiden Jokowi menginginkan lewat BPIP ini Pancasila bisa dipahami dengan baik oleh seluruh rakyat Indonesia, maka hal itu jelas akan sulit terwujud. Karena pilotnya tidak akan membawa rakyat ini ke sana.

Ia menambahkan, kalau Presiden Jokowi menginginkan lewat BPIP ini Pancasila bisa dipahami dengan baik oleh seluruh rakyat Indonesia, maka hal itu jelas akan sulit terwujud. Karena pilotnya tidak akan membawa rakyat ini ke sana, maka pilihan yang tepat untuk kebaikan bangsa dan negara yaitu “yang bersangkutan mundur atau dimundurkan.”

“Sebab, kalau yang bersangkutan tidak diberhentikan dan tetap terus duduk di sana, maka BPIP ini sudah tentu akan kehilangan trust atau kepercayaan dari rakyat. Dan itu jelas tidak kita inginkan,” tambahnya.

Sebelumnya, perkataan Kepala BPIP Yudian Wahyudi yang mengatakan musuh terbesar Pancasila adalah agama itu, ia sampaikan kepada tim Blak-Blakan detik.com dan pemikirannya itu mendapat kritikan dari berbagai pihak.

“Si Minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan,” kata Yudian.(Hud/Minanews.net)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved