Follow us:

Netanyahu Tuduh Iran Hendak Serang Israel Dengan Rudal dari Yaman

 

DARUSSALAM.ID – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menuduh Iran mencari cara untuk meluncurkan rudal yang dipandu dengan tepat ke sasaran di Israel dari Yaman.

Netanyahu membuat tuduhan ini, pada Senin (28/10), tanpa rincian lengkap, ketika ia menjadi tuan rumah delegasi pejabat-pejabat senior AS. Today Online melaporkan.

Baik Iran maupun Houthi Yaman tidak segera menanggapi tuduhan Israel.

Houthi menggunakan rudal dan drone dalam perang mereka melawan koalisi yang dipimpin Arab Saudi.

Ada sedikit indikasi publik bahwa Houthi memiliki senjata yang mampu menjangkau jarak hingga 2.000 km (1.240 mil) ke Israel.

“Iran ingin mengembangkan rudal yang dipandu yang dapat mencapai target apa pun di Israel dalam jarak lima hingga sepuluh ribu kilometer,” ujar Netanyahu.

“Iran berharap untuk menggunakan Irak, Suriah, Lebanon dan Yaman sebagai pangkalan untuk menyerang Israel dengan rudal statistik dan rudal yang dipandu dengan presisi. Itu adalah bahaya besar, sangat besar,” katanya.

Sebelumnya, berbicara kepada wartawan menjelang pertemuan dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan penasihat Gedung Putih Jared Kushner, Netanyahu mengulangi kecurigaan Israel.

Ia menuduh Iran telah mencoba untuk memperbaiki gudang senjata roket Hizbullah Lebanon dengan sistem panduan presisi.

“Mereka juga berusaha mengembangkan itu, dan sudah mulai menempatkannya di Yaman, dengan tujuan menjangkau Israel dari sana juga,” lanjutnya.

Ia mendesak pemerintah Trump untuk meningkatkan sanksi terhadap Iran atas program nuklir mereka dan atas kegiatan-kegiatan Iran di kawasan Timur Tengah.

Dalam kebuntuan politik setelah hasil pemilihan umum yang tidak menguntungkan Netanyahu sehingga ia gagal membentuk kabinet, Netanyahu menyebut meningkatnya kekhawatiran keamanan dan mendesak saingannya, mantan Jenderal Benny Gantz, untuk membentuk pemerintah koalisi yang luas.

“Ini adalah hal nyata yang terjadi ketika keseimbangan kekuatan di Timur Tengah berubah,” kata Netanyahu. “Kami membutuhkan pemerintah persatuan nasional.”(Hud/Minanews.net)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved