Follow us:

Pertama, Kantor Polisi South Yorkshire Sediakan Tempat Wudhu

Darussalam.id,South Yorkshire – Untuk pertama kalinya, kantor polisi di wilayah metropolitan South Yorkshire di Inggris menyediakan fasilitas baru yang memungkinkan petugas polisi Muslim berwudhu di tempat khusus. Fasilitas wudhu di Kantor Polisi yang berlokasi di Doncaster College Road itu dipasang pada Juni lalu.

Menurut Asosiasi Polisi Muslim, fasilitas demikian adalah yang pertama bagi polisi South Yorkshire. Dengan adanya fasilitas wuduMate itu, petugas polisi Muslim bisa dengan leluasa berwudhu.

Panduan dari Asosiasi Polisi Muslim Nasional menyatakan umumnya praktik wudhu yang dilakukan oleh staf Muslim menggunakan toilet umum atau bagi penyandang disabilitas. “Ini terkadang dapat menyebabkan pengguna lain dan individu Muslim merasa malu dan tidak nyaman,” kata asosiasi tersebut, dilansir di Doncaster Free Press, Kamis (8/7).

Dalam laporan yang ditujukan kepada Komisaris Polisi dan Kejahatan South Yorkshire Alan Billings menyatakan sampai sekarang belum ada fasilitas seperti itu dan rekan-rekan polisi melakukan wudhu di dalam fasilitas yang ada. Dengan adanya fasilitas tersebut memungkinkan wudhu dilakukan dengan mudah.

Laporan itu menyebut rekan-rekan Muslim di seluruh angkatan menyambut baik fasilitas wudhu tersebut. “Ini adalah demonstrasi nyata dari komitmen Polisi Suth Yorkshire terhadap keragaman dan inklusi,” kata laporan tersebut.

Organisasi non-profit Equality Hub dan Asosiasi Polisi Muslim percaya hal itu akan mendorong orang-orang tidak hanya dari komunitas Muslim yang kurang terwakili di wilayah itu untuk mempertimbangkan peran dalam kepolisian, tetapi juga komunitas yang kurang terwakili secara keseluruhan.

“Diharapkan fasilitas percobaan ini, yang didanai melalui program Kesejahteraan pasukan, akan menjadi yang pertama dari banyak yang dipasang di gedung-gedung polisi besar di seluruh wilayah, dan sebuah fasilitas yang akan dirancang ke dalam proyek gedung baru,” kata pernyataan tersebut.(HUD/Republika.co.id)

Share This:

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved