Follow us:

Puluhan Tewas Selama Pemakaman Qassem Soleimani

DARUSSALAM.ID, Teheran – Sebanyak 50 lebih orang tewas selama pemakaman Jenderal Qassem Soleimani di Kerman, Iran tenggara, pada Selasa (07/02/2020). Mereka tewas akibat sesak nafas dan terinjak-injak.

Laporan jatuhnya korban itu disampaikan oleh kepala Pusat Medis Forensik di Kerman Abbas Amyan dan dilansir oleh media Iran.

Kantor berita ISNA juga mengutip pernyataan kepala tim bantuan Kerman, Muhammad Sabri, mengatakan bahwa 212 orang terluka dalam penyerbuan itu. Bahkan, beberapa dari mereka dalam kondisi kritis.

Pada Selasa malam, saluran TV Iran menyiarkan langsung pemakaman Soleimani di pemakan Asy-Shuhada di Kerman. Namun siaran itu diakhiri sebelum pemakaman selesai. Sejumlah media lokal menyebut pemakaman belum bisa selesai hingga Rabu dini hari tanpa menyebutkan alasannya.

Para pelayat berkumpul di pusat Kerman, tempat kelahiran Soleimani. Para pelayat memenuhi jalan-jalan kota.

Soleimani tewas bersama sejumlah komandan penting milisi pro Iran dalam serangan drone AS di Baghdad. Ia dibunuh setibanya di Bandara Internasional Baghdad.

Pembunuhan Soleimani semakin meningkatkan ketegangan antara Iran dan AS. Teheran mengancam pembalasan yang keras sementara AS menambah kekuatan untuk menghadapi itu.(Hud/Kiblat.net)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved