Follow us:

Turki: 370 Ribu Pengungsi Suriah Pulang ke Negara Mereka

 

DARUSSALAM.ID – Gaziantep – Wakil Presiden Turki, Fuad Aktay, Selasa (26/11/2019), mengumumkan kembalinya sekitar 370 ribu pengungsi Suriah di Turki ke negara mereka. Ia menyebut, para pengungsi itu kembali daerah-daerah Suriah yang “terbebas dari teroris”.

Berbicara di Forum Internasional tentang Migrasi di Gaziantep di Turki selatan, Aktay meminta semua pihak yang ingin mengakhiri krisis kemanusiaan di Suriah untuk bekerja sama dalam membangun zona aman.

Dia menekankan tekad Turki untuk membangun koridor perdamaian di Suriah tanpa memperhatikan apa yang dikatakan dan tanpa memperhatikan dukungan yang diberikan kepadanya.

Aktay menambahkan bahwa Turki menyediakan semua layanan dasar untuk Suriah dari keamanan, kesehatan, pendidikan, perumahan, air dan listrik tanpa perbedaan antara komponen-komponen rakyat Suriah.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar mengatakan bahwa negaranya berupaya untuk mencapai perdamaian dan memungkinkan pengungsi Suriah kembali ke negara mereka dengan aman dan sukarela.

“Ketika kami membangun daerah yang aman di dekat perbatasan selatan di sebelah timur Eufrat pada kedalaman 30 kilometer, itu akan menjadi peluang untuk memulai hidup baru,” kata Akar dalam wawancara dengan Al Jazeera.

Pada 9 Oktober, tentara Turki dengan partisipasi Tentara Nasional Suriah (oposisi pro Turki) meluncurkan Operasi Musim Semi Damai di daerah timur Sungai Efrat (Suriah utara). Operasi itu bertujuan membersihkan kawasan perbatasan itu dari militan PKK dan ISIS dan membangun daerah yang aman untuk menampung pengungsi Suriah.

Pada 17 Februari, militer Turki menghentikan operasi setelah Ankara dan Washington mencapai kesepakatan untuk menarik milisi Kurdi dari wilayah tersebut, diikuti dengan perjanjian dengan Rusia di Sochi pada 22 Juni.(Hud/Kiblat.net)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved