Follow us:

Alquran Hidangan Ramadhan untuk Umat Nabi Muhammad

Oleh: Ali Yusuf

Ramadhan adalah bulan Al quran dan hiasi waktunya dengan membaca Alquran. Dengan membaca Alquran serasa hidup bersama Rasulullah SAW, para sahabat, dan generasi As-Sabiquna Al-Awwalun (orang-orang shaleh terdahulu).

“Setiap ayat yang kita baca di bulan Ramadhan akan berlipat lipat ganda pahalanya dan memberi efek ketenangan ruhani kita,” kata Ustasz Syaifuddin Aman dalam bukunya Hidangan Ramadhan Satu Bulan Bersama Rasulullah Menikmati Lezatnya Inadah Indahnya Munajat Manisnya Doa.

Ustadz Syaifuddin orang yang membaca Alquran mendapat kedudukan tinggi dan mulia. Rasulullah SAW bersabda:

“Dari Aisyah berkata, Rasulullah bersabda: Orang yang membaca Alquran dan bagus bacaannya, dia digabungkan Allah bersama duta duta besar yang mulia dan baik.” (HR. Tirmizi).

Alquran adalah bacaan mulia dan orang yang membacanya akan diberikan keistimewaan. Bacalah Alquran dengan suara yang bisa terdengar oleh orang yang ada di samping kita.

“Jangan membaca dengan batin seperti membaca koran,” katanya menyarankan.

Ustadz Syaifuddin mengatakan, lebih utama membaca Alquran sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrijul huruf (keluarnya huruf dari mulut secara tepat). Karena makhluk-makhluk sangat rindu mendengarkan bacaan Alquran, bahkan jin dan para malaikat pun turut menyimaknya.

“Ketahuilah bahwa Alquran akan menjadi pembela dan penolong orang beriman di dunia sampai hari kiamat,” katanya.

Maka dari itu jadikan Alquran sebagai teman di saat sendirian, jadikan Alquran sebagai bacaan di saat menunggu, jadikan Alquran sebagai hidangan di saat hati anda sedang resah. Jadikanlah Alquran mengisi kekosongan jiwa di saat bingung dan gelisah.

“Jadilkan lah Alquran sebagai pelita hati di saat anda dalam kegelapan,” katanya.

Rasulullah saw bersabda:

Sesungguhnya Alquran ini adalah hidangan yang lengkap dan lezat dari Allah, maka pelajari dan resapi dengan penuh penghayatan dari yang dihidangkan Allah itu sekuat kemampuan. Alquran ini adalah tali Allah, dia adalah cahaya yang nyata, obat yang bermanfaat, menjadi tameng bagi orang yang tak berpegang teguh pada nya, menjadi penyelamat bagi orang yang mengikutinya, tidak ada yang bengkok kecuali diluruskan, tidak ada yang condong kecuali ditegakkan, dan tidak pernah habis keajaiban-keajaibannya, maka bacalah Alquran karena sesungguhnya Allah memberikan pahala kepada anda setiap huruf mendapatkan 10 kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Al-Hakim).

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved