Follow us:

Cegah Penularan Virus Corona, Kemkes Ajak Hidup Bersih dan Sehat

DARUSSALAM.ID, Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI mengajak warga masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup yang bersih dan sehat, mengantisipasi penyebaran Virus Novel Corona dari China atau dinamai 2019-nCoV.

“Berperilaku hidup bersih dan sehat menjadi hal utama untuk mencegah terjadinya penularan 2019-nCoV. Masker tak menjamin seseorang terhindar dari virus,” ujar Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemkes, dr Achmad Yurianto di gedung Kemenkes, Jakarta, baru-baru ini kutip website resmi kementerian pada Ahad (26/01/2020).

Sebelumnya, Virus Novel Corona membuat khawatir banyak orang, khususnya masyarakat Indonesia. Telah diketahui virus itu dapat menular antar manusia, akan tetapi sumber dari virus itu masih belum diketahui hingga saat ini.

Achmad menilai, yang terpenting selain mencari tahu sumber virus itu, juga menjaga diri sendiri. Memakai masker merupakan di antara upaya memproteksi diri, akan tetapi masker bukan satu-satunya solusi.

Indonesia mempunyai banyak jalur penerbangan atau jalur laut yang menghubungan antar negara. Penjagaan pada semua pintu masuk Indonesia diperketat dengan pemasangan thermal scanner.
Hingga pekan ini tidak ada virus (2019-nCoV) positif di Indonesia. ”Sampai hari ini (Jumat, red) pemeriksaan lab kita dan jejaring kita tidak ada nCoV,” sebut dr Yuri, sapaannya.

Mengutip WHO, kata dr Yuri, nCoV adalah penyakit yang mempunyai risiko tinggi terhadap masyarakat China, namun belum jadi ancaman kesehatan masyarakat dunia.

Penularan antar manusia cuma ditemukan di negeri tirai bambu itu, sedangkan sejumlah kasus seperti di Thailand, Singapura, Taiwan tidak menular antar manusia melainkan ada riwayat perjalan ke China.

Menurut Yuri, meskipun seseorang memakai masker tapi tidak mencuci tangan sebelum makan misalnya, orang itu tetap rentan tertular virus. Sebab, bisa saja orang memakai masker tapi tangannya bekas memegang sesuatu yang ada virusnya.

”Maka PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) jadi kunci, kita bisa mencegahnya,” ujarnya.(Hud/Hidayatullah.Com)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved