Follow us:

Dr. Muhammad Sulaiman Al-Jasser Terpilih Jadi Presiden Bank Pembangunan Islami

Darussalam.id,Jeddah – Dr. Muhammad Sulaiman Al-Jasser mulai menjabat sebagai Presiden baru dari Islamic Development Bank (IsDB) atau Bank Pembangunan Islami dan sebagai Ketua Kelompok lembaga multilateral berperingkat AAA, yang berbasis di Jeddah, Arab Saudi.

Dr. Al Jasser dipilih oleh Dewan Gubernur IsDB pada awal Juli 2021 untuk memimpin Grup Bank selama lima tahun ke depan, Kantor Berita OKI melaporkannya, Jumat (13/8).

Pemilihan presiden lembaga pembangunan perintis ini dilakukan saat mantan Presiden IsDB Dr. Bandar Hajjar menyelesaikan masa jabatan lima tahunnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada Al-Jasser selama upacara perpisahan di kantor pusat Grup IsDB di Jeddah pada 8 Agustus.

Dalam pidato khusus kepada staf Grup IsDB pada hari pertamanya menjabat, pada Senin (9/8), Al-Jasser mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada pemerintah Saudi atas kepercayaan yang diberikan kepadanya dan mencalonkannya untuk posisi tersebut.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Dewan Gubernur IsDB atas tanggung jawab dan mandat yang dipercayakan kepadanya selama pemilihan Juli 2021 untuk memimpin lembaga tersebut.

Presiden IsDB yang baru menyampaikan terima kasih kepada Hajjar atas upaya, pencapaian, dan dedikasinya yang luar biasa kepada institusi dan mandatnya selama masa jabatannya.

Juga dalam pidatonya, Al-Jasser menggarisbawahi perlunya mengatasi tantangan langsung dari pandemi COVID-19, untuk membantu membangun kembali ekonomi yang lebih kuat bagi negara-negara anggota IsDB dan bergerak secara efektif menuju pengembangan sektor-sektor baru untuk investasi dan pertumbuhan.

Al-Jasser memegang gelar Ph.D. di bidang ekonomi dari University of California, Amerika Serikat.

Dia membawa pengalaman keuangan dan administrasi yang luar biasa saat dia menjabat sebagai Menteri Ekonomi dan Perencanaan Saudi; Gubernur Otoritas Moneter Arab Saudi (SAMA), saat ini dikenal sebagai Bank Sentral Kerajaan Arab Saudi; dan penasehat di Sekretariat Jenderal Kabinet Saudi dengan pangkat menteri.

Islamic Development Bank (IsDB) atau Bank Pembangunan Islami, merupakan lembaga keuangan multilateral yang didirikan pada tahun 1975 (1392 H) oleh Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi negara anggota dan masyarakat muslim dinegara bukan anggota berlandaskan prinsip-prinsip Islami/ Syariah.

IsDB adalah salah satu mitra kerja sama pemerintah Indonesia sejak 1978. IsDB dan Pemerintah Indonesia telah menjalankan proyek-proyek dalam bidang pendidikan tinggi, pembangunan perkotaan dan energi.(HUD/Mirajnews.net)

Share This:

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved