Follow us:

Gubernur Jatim: Erupsi Gunung Semeru Duka Seluruh Indonesia

Darussalam.id, Jawa Timur – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan musibah erupsi gunung Semeru adalah duka bagi masyarakat Indonesia. Ia yakin masyarakat Lumajang bisa bangkit seperti sediakala.

Erupsi Gunung Semeru, bukan hanya menjadi duka Lumajang atau Jawa Timur saja, namun menjadi duka bersama seluruh Indonesia,” ujarnya mengutip dari medsos Instagram @khofifah.ip, Senin (06/12/2021).

“Terima kasih untuk doa, dukungan, dan bantuan yang mengalir untuk Lumajang, Jawa Timur. InsyaAllah Lumajang bisa kembali bangkit!,”lanjutnya.

Sekedar informasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mencatat data sementara menunjukkan sebanyak 2.970 rumah terdampak semburan awan panas guguran Gunung Semeru.

Sementara korban meninggal dunia sebanyak 14 orang. Kemudian, 69 orang yang mengalami luka-luka dirawat di beberapa puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Lumajang.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan selain rumah belasan fasilitas umum juga mengalami kerusakan.

“Hingga hari ini pukul 17.00 WIB untuk kerusakan rumah tercatat sebanyak 2.970 rumah dan 13 fasilitas umum berupa jembatan, sarana pendidikan, dan tempat ibadah juga mengalami kerusakan,” jelas Wawan di Lumajang, dikutip Senin (06/12/2021).

Dampak dari erupsi, Sabtu (04/12/2021), Jembatan Perak, penghubung Lumajang-Malang, ambruk. Jembatan putus akibat besarnya erupsi dan semburan awan panas guguran Gunung Semeru. Arus lalu lintas pun dilaporkan lumpuh total.

Saat ini evakuasi terhadap warga yang terdampak erupsi gunung Semeru terus dilakukan. Bantuan segera dikerahkan dari level Kabupaten hingga Pemerintah pusat pada masa tanggap darurat. Namun masih ada beberapa kendala dalam proses evakuasi para korban di tengah situasi kewaspadaan yang tinggi.(HUD/Hidayatulloh.com)

Share This:

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved