Follow us:

Pendidikan Kunci Bentuk Karakter Anti Korupsi

Darussalam.id, Jakarta – Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon menyampaikan bahwa sikap dan tindakan anti anti korupsi harus dibiasakan sejak kecil, dan pendidikan menjadi salah satu kunci untuk membentuk karakter jujur dan menumbuhkan integritas.

“Korupsi jangan sampai menjadi budaya, harus dibiasakan dari kecil salah satunya melalui pendidikan yaitu kita harus jujur, kita harus punya integritas,” kata Fadli seperti mengutip laman resmi DPR, Senin (27/09/2021)

Menurut Fadli di Indonesia menyontek adalah hal yang biasa, padahal di beberapa negara nyontek merupakan suatu yang dianggap serius. “Sering kali nyontek itu di kita dianggap sebagai hal yang lazim, hal yang biasa, padahal di negara-negara tertentu nyontek itu suap,” terangnya.

Politisi Partai Gerindra itu menegaskan, bahwa pendidikan menjadi peran penting untuk menciptakan, untuk mengkondisikan karakter anak-anak hingga dewasa dan di berbagai bidang termasuk dipemerintahan dan parlemen.

“Kadang-kadang di kita ini, nyontek itu kan untuk mencari nilai yang bagus dengan segala cara dan ini yang tidak boleh. Menurut saya yang membentuk karakter seseorang itu dari apa yang dia katakan sehari-hari, apa yang dia lakukan sehari-hari yang menjadi kebiasaan dan kemudian menjadi karakter,” tuturnya.

“Jadi nyontek itu salah satu kebiasaan atau perilaku yang harus kita hindari, karena dari sinilah orang akhirnya terbiasa untuk melakukan hal-hal seperti (korupsi) ini di berbagai bidang ketika mereka sudah dewasa di profesi mereka masing-masing,” tukasnya.(HUD/Hidayatullah.com)

 

Share This:

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved