Follow us:

Presiden UEA Serukan Shalat Istisqa

DARUSSALAM.ID, Dubai – Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Khalifa Bin Zayed Al Nahyan telah menyerukan agar umat muslim melakukan sholat meminta turunnya hujan, atau yang dikenal dalam bahasa Arab sebagai Shalat Al Istisqaa. Shalat ini dapat dilakukan di semua masjid dan area sholat di seluruh UEA, sepuluh menit sebelum sholat Jumat (18/12).

Dilansir dari laman Gulf Today pada Rabu (16/12), Presiden Khalifa menyerukan untuk memohon kepada Tuhan agar mengirimkan hujan, belas kasihan, dan kelimpahan atas negara dan rakyatnya. Sholat tersebut dilakukan untuk menjaga tradisi Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam berdoa agar tanah diberkati dengan hujan.

Adapun cuaca di UEA tidak konsisten selama beberapa hari terakhir. Pada Senin (14/12), suhu di sore hari naik beberapa derajat, sementara di malam hari turun drastis.

Badan cuaca UEA menyatakan suhu terendah yang tercatat di negara itu pada Selasa (15/12) berada di 7,4 derajat celcius di Raknah di pinggiran Al Ain pada pukul 06:45 waktu setempat.

Sebelumnya Masjid di seluruh UEA dibuka kembali untuk sholat Jumat, mulai dari 4 Desember. Juru Bicara National Emergency Crisis and Disasters Management Authority (NCEMA) UEA, Dr Saif Al Dhaheri mengatakan, bahwa masjid akan dibuka kembali untuk jamaah 30 menit sebelum shalat Jumat, dan akan tutup 30 menit kemudian.

Hal tersebut disampaikan selama briefing media yang diadakan oleh Pemerintah  UEA untuk menguraikan perkembangan terbaru sehubungan dengan penanggulangan pandemi virus corona pada Selasa (24/11). “Khotbah Jumat bersama dengan sholat tidak boleh lebih dari 10 menit; Pekerja dan relawan masjid akan mengatur keluar masuknya jamaah,” kata Al Dhaheri.

Dia mengatakan, semua jamaah harus memakai masker dan membawa sajadah sendiri, dan tidak boleh ditinggalkan di dalam masjid atau dibagikan dengan orang lain.(HUD/Republika.co.id)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved