Follow us:

Ratusan Ribu Umat Muslim Shalat Jumat di Hagia Sophia dan Sekitarnya

DARUSSALAM.ID, stanbul – Sekitar 350 ribu umat Muslim mengikuti shalat Jumat (24/7) di Masjid Hagia Sophia dan kawasan serta jalan-jalan utama sekitar masjid di Kota Istanbul. Media setempat Cumhuriyet melaporkan.

Di area dalam masjid hanya menampung sekitar seribu orang karena pembatasan jarak fisik sesuai protokol kesehatan.

Pantauan drone Euro News menunjukkan ratusan ribu Muslimin memenuhi Hagia Sophia Square dan sepanjang jalan utama yang ditutup untuk kendaraan. Jalan-jalan utama Atatürk Boulevard, Gazi Mustafa Kemal Paşa Street hingga Galata Bridge, Kennedy, Reşadiye dan Ragıp Gümüşpala Streets dipdati jamaah yang datang dari berbagai kota di Turki.

Bertindak sebagai khatib Ali Erbaş, Kepala Urusan Agama Turki.

Setelah shalat Jumat, yang dilakukan untuk pertama kalinya setelah 86 tahun, Presiden Erdogan dan rombongan berziarah ke makam Sultan Al-Fatih.

“Sekarang tempat ini telah kembali ke fungsi asalnya. Dari masjid telah menjadi masjid lagi. Sekarang, saya berharap ini terus melayani semua orang beriman sebagai masjid. Ini adalah tempat di mana semua orang dapat datang dan mengunjunginya sebagai warisan budaya,” pernyataan Erdogan kepada media usai ziarah.

Presiden Erdogan didampingi oleh Wakil Presiden Fuat Oktay dan para pejabat lainnya.

Dalam langkah protokol tindakan Corona, pemerintah menyiapkan 736 tenaga kesehatan yang bekerja di 17 titik pos kesehatan. Sebanyak 101 ambulan, termasuk 1 ambulans helikopter, juga siap di alun-alun untuk mengambil terhadap kemungkinan negatif.

Pengukuran suhu badan dan pengontrolan masker dilakukan di 11 titik berbeda, di mana warga akan memasuki area shalat. (HUD/Minanews.net)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved