Follow us:

Turki Bangun 500 Tenda untuk Warga Sipil di Azaz Suriah

Darussalam.id – Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu pada Selasa kembali menegaskan dukungan berlanjut Turki kepada mereka yang membutuhkan.

“Sebelum Operasi Ranting Zaitun, kami mendirikan dua kamp dengan 700 tenda untuk menampung warga sipil yang melarikan diri dari kekerasan di Idlib. Sekarang kami tengah membangun 500 tenda untuk menampung lebih dari 3.000 warga sipil di Azez,” cuit Cavusoglu.

Dia menjelaskan, mereka akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan utama warga sipil seperti makanan dan kebersihan di kamp-kamp tersebut.

“Kami tanpa lelah melanjutkan bantuan kemanusiaan kami kepada rakyat Suriah. Saat ini negara kami menampung 3,5 juta tamu Suriah. Kami menyediakan tempat tinggal bagi 235 ribu orang di 21 kamp pengungsi,” Cavusoglu menambahkan.

Pada Sabtu lalu, Turki meluncurkan Operasi Ranting Zaitun untuk membasmi teroris PYD/PKK dan Daesh dari Afrin, Suriah.

Menurut pernyataan Staf Umum Turki, operasi ini bertujuan untuk menciptakan keamanan dan stabilitas di sepanjang perbatasan Turki dan wilayah tersebut, juga untuk melindungi masyarakat Suriah dari tekanan dan kekejaman teroris.

Operasi ini dilakukan di bawah kerangka hak Turki berdasarkan hukum internasional, keputusan Dewan Keamanan PBB, hak untuk membela diri di bawah Piagam PBB, dengan tetap menghormati integritas teritorial Suriah, tambah pernyataan tersebut.

Pihak militer juga memastikan bahwa “sangat penting” supaya operasi tidak membahayakan warga sipil.

Afrin menjadi tempat persembunyian utama bagi PYD/PKK ketika rezim Assad di Suriah menyerahkan kota tersebut kepada kelompok teror tanpa pertempuran pada Juli 2012 silam. (Anadolu)

Tags: ,

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved