Follow us:

Zakat Darussalam Salurkan 18 Ribu Liter Air Bersih ke Gunung Putri

DARUSSALAM.ID – Lembaga Zakat Darussalam menyalurkan 18 ribu liter air bersih ke Kecamatan Gunung Putri Selatan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bantuan air bersih itu disalurkan ke beberapa tempat yaitu RT 02 dan 03, RW 02 dan RW 07 yang terdampak kekeringan, Sabtu (12 Oktober 2019).

Personal tim Zakat Darussalam yang berada di lokasi,  Bayu mengatakan, Zakat Darussalam membawa 2 truk tangki air dengan kapasitas masing-masing truknya delapan ribu liter.

“Jadi, hari ini totalnya kami menyalurkan 18 ribu liter,” kata Bayu saat ditemui di tempat penyuplain air bersih kepada masyarakat, Gunung Putri Selatan, Kabupaten Bogor.

Dalam aksi penyaluran air bersih tersebut, warga saling mengisi air bersih ke botol galon, drigen air dengan antre. Selanjutnya, masyarakat Gunung Putri Selatan mengucapkan terima kasih kepada jamaah Masjid Darussalam Kota Wisata yang telah memberikan bantuan air bersih.

Tim  Zakat Darussalam juga melakukan aktivitas pembuatan sumur air, diawali dengan penandatanganan tanah yang akan diwakafkan untuk dijadikan sumur air bersih bagi warga yang terkena dampak kekeringan di Desa Bojong Kaso, Cileungsi, Kabupaten Bogor.

“Jadi, kalau titik sumurnya menyesuaikan keinginan masyarakat. Namun, kami juga menggunakan teknologi geolistrik untuk menentukan titik peluang air. Soalnya, tidak semua lokasi ada airnya,” ujar Pak Maman seusai acara rapat terbatas.

Kepala Desa Bojong Kaso, Maman menceritakan, kekeringan pada tahun ini  parah ketimbang kekeringan pada tahun lalu. Ia kemudian menunjukkan tumbuhan yang ada di wilayah Bojong Kaso yang sudah mati.

Ia menambahkan, selama kekeringan, masyarakat Bojong Kaso  menggunakan air sumur masjid  yang ada di  desa sebelah. Sedangkan untuk dikonsumsi, masyarakat Bojong Kaso menggunakan air mineral ataupun air isi ulang.
“Dekat rumah saya, ada sumur sekitar 80 meter, tapi airnya keruh, nggak bisa untuk minum, bahkan mandi aja nggak bisa,” ucap Maman.
Warga menyambut positif bantuan dari  jamaah Masjid Darussalam Kota Wisata tersebut. Berdasarkan pengakuan warga Maman, Ida, ia merasa terbantu dengan adanya sumbangan air bersih tersebut.
“Ya, senanglah, bisa untuk masak dan minum juga kan, soalnya airnya bersih,” terang ibu Ida yang sedang meletakkan jerigennya untuk diisi.
Pengakuan ibu Ida tersebut juga diamini oleh warga lainnya, Pak Adi. Selain terbantu dengan adanya air bersih gratis, ibu Ida juga merasa senang dengan adanya bantuan  air bersih.
“Rencananya sih mau ambil air sebanyak-banyaknya kalau cukup,” kata Ibu Ida sembari menenteng jerigen dan galon. (Hud-Hud)

 

Tags:

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved