Follow us:

1 Juta Takjil Dibagikan di Masjid Nabawi dalam Sepertiga Pertama Ramadhan

Darussalam.id, Madinah – Sekitar 1,3 juta takjil dan makanan berbuka puasa telah dibagikan kepada pengunjung di Masjid Nabawi di Madinah selama sepertiga pertama Ramadhan. Lebih dari 1,2 juta botol Zamzam dibagikan kepada jamaah di masjid selama periode yang sama.

Selain itu, 14.000 wadah pengeluaran yang tersebar di sekitar masjid diisi tiga kali sehari untuk menyediakan air suci dalam jumlah yang cukup bagi pengunjung.  Zamzam, kurma, dan barang-barang lainnya bisa – terutama takjil dan makanan berbuka puasa – disediakan di Masjid Nabawi di Madinah.

Lebih dari 6 juta orang mengunjungi masjid selama sepuluh hari pertama Ramadhan. Dan tidak kurang 300.000 jamaah dapat berdoa di Rawdhah.

Rawdhah terletak di antara kamar Nabi  dan mimbar masjid. Bagian tenggara Masjid Nabawi ini adalah tempat rumah baginda Nabi, di mana beliau tinggal bersama istrinya Aisya binti Abu Bakar dan dimakamkan.

Masjidil Haram

Sementara di Masjidil Haram, delapan juta liter Zamzam telah dibagikan kepada pengunjung di Masjidil Haram di Makkah selama sepuluh hari pertama Ramadhan. Delapan juta liter tersebut didistribusikan dalam tiga juta botol sekali pakai, dan melalui 25.000 kontainer yang tersebar di sekitar masjid, 250 tas punggung yang dibawa oleh karyawan, 58 gerobak pintar dengan kapasitas masing-masing 80 liter, dan 33 gerobak khusus yang masing-masing menampung 100 botol di daerah mataf.

Lebih dari 100 karyawan telah dikerahkan ke berbagai pintu masuk masjid, yang 100 di antaranya digunakan saat ini, untuk menyambut pengunjung, mengarahkan mereka, mengatur arus massa, dan mendukung personel keamanan dalam mengarahkan orang dari satu bagian ke bagian lain ketika berdoa dan sholat. Masjid juga telah dibersihkan 100 kali pada sepertiga pertama Ramadhan oleh 4.000 karyawan.(HUD/Hidayatulloh.com)

Share This:

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved