Follow us:

Muslimah Amerika Gerakkan Donasi Pakaian Muslim untuk Pengungsi Afghanistan

Darussalam.id,Carolina Utara –  Pindah ke AS enam bulan lalu, banyak pengungsi Afghanistan yang kesulitan mendapatkan pakaian sederhana yang sesuai dengan ajaran agama mereka.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebuah organisasi nirlaba Muslim, Triangle Association of Muslim American Mothers (TAMAM), mempelopori gerakan untuk menyediakan pakaian sederhana lengan panjang atau longgar untuk para wanita Afghanistan.

“Kebutuhan mereka tidak benar-benar terpenuhi,” Asma Khan, presiden TAMAM, mengatakan kepada Spectrum News .

“Mungkin mereka tidak benar-benar dipahami dengan baik. Dan ini adalah komunitas kami, jadi ini adalah jenis pakaian yang kami kenakan. Banyak dari kami berasal dari komunitas seperti itu, jadi kami dapat memahami apa sebenarnya yang mereka cari dan menyediakannya untuk mereka.”

Asma Khan, seorang Muslim Pakistan-Amerika sendiri, memahami kebutuhan wanita Muslim untuk berpakaian sederhana dan menutup aurat.

“Mereka meninggalkan semua yang mereka punya untuk bisa pindah ke Amerika ini,” kata Khan.

“Mungkin pakaian adalah sesuatu yang bisa mereka bawa secukupnya dan setidaknya kita bisa membantu mulai dengan pakaian yang mereka kenal dan membuat berada di zona nyaman mereka sampai tingkat tertentu, sehingga mereka bisa perlahan melakukan transisi. Transisinya sangat mendadak, sangat berbeda dari biasanya.”

Organisasi Khan telah membantu memukimkan kembali para pengungsi dari negara-negara seperti Republik Demokratik Kongo dan Bangladesh.

“Saya pikir sebagai umat Islam kita selalu terpanggil untuk melakukan pengabdian masyarakat dan membantu mereka yang membutuhkan bantuan,” tambahnya.

“Dan siapa pun yang datang ke negara asing, terutama dalam keadaan seperti saudara-saudara kita dari Afghanistan, tentu akan sulit beradaptasi.

“Semua orang merasakan rasa persaudaraan, merasa bertetangga dan bahwa kita adalah satu komunitas dan bahwa kita harus saling membantu.”

Dengan kedatangan para pengungsi, beberapa kelompok Muslim telah memimpin upaya untuk membantu para pengungsi di rumah baru mereka.

Pada bulan September 2021, orang-orang Indiana menyumbangkan ratusan sajadah , sumbangan pakaian dan produk kebersihan pribadi kepada para pengungsi Afghanistan, sembari meyakini bahwa doa adalah hubungan dengan Tuhan yang dibutuhkan semua orang di saat-saat sulit saat ini.

Allah sendiri telah memberikan instruksi khusus kepada wanita Muslim untuk berpakaian sopan dan menjaga kesucian mereka.

Al-Qur’an mengatakan: “Wahai Nabi, beri tahu istri dan anak perempuan Anda dan wanita mukmin untuk menutupkan jubah mereka (ketika mereka pergi ke luar). Itu lebih baik, agar mereka dikenali dan tidak diganggu. Allah Maha Pengampun lagi Penyayang.” Al Qur’an, 33:59.(HUD/Chanelmuslim.com]

Share This:

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved