Follow us:

Qatar Sumbang Dana Kemanusiaan untuk Yaman

Darussalam.id – Dana Pembangunan Qatar (QFFD) berjanji mendukung Rencana Bantuan Kemanusiaan PBB 2018 untuk Yaman. Dana sumbangan dari Qatar untuk Yaman mencapai 20 juta dolar AS.

Dilansir Middle East Monitor, Kamis (5/4), pada pertemuan yang diadakan di Jenewa pekan ini, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meminta negara-negara untuk mendanai paket bantuan senilai 3 miliar dolar AS untuk Yaman. Dana Qatar akan berkontribusi untuk mendukung sektor-sektor dasar di bidang kesehatan, air, ketahanan pangan, dan keamanan.

“Selama acara ini Qatar menegaskan dukungannya yang berkelanjutan kepada orang-orang Yaman untuk meringankan penderitaan kemanusiaan mereka, dan berjanji untuk menyumbangkan 20 juta dolar AS,” tulis QFFD di Twitter.

Inggris mengumumkan awal pekan ini bahwa pihaknya juga bermaksud menyumbang 239 juta dolar AS untuk paket bantuan. Guterres mendesak semua pihak yang terlibat dalam konflik untuk bekerja dengan utusan khusus PBB untuk menghasilkan kedamaian.

Perang sipil Yaman dimulai pada 2014 ketika Houthi mengambil alih kendali ibuk ota Sana’a. Saat itu, presiden yang diakui secara internasional Abd Rabbuh Mansur Hadi meminta koalisi negara Arab pimpinan Arab Saudi meluncurkan kampanye untuk menetralkan ancaman teritorial oleh Houthi. Koalisi pimpinan-Saudi secara resmi memulai operasinya pada Maret 2015. Menurut PBB lebih dari 10 ribu warga Yaman tewas dalam konflik itu. (Republika)

Tags: ,

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved