Follow us:

Blokade Israel Sebabkan Perekonomian Gaza Runtuh

Darussalam.id –  Turunnya daya beli masyarakat akibat blokade Israel selama bertahun-tahun menimbulkan kekhawatiran soal krisis kemanusiaan dan runtuhnya ekonomi di Jalur Gaza.

Kehidupan ekonomi di wilayah ini mengalami penurunan drastis selama masa blokade 10 tahun terakhir. Rendahnya daya beli masyarakat terhadap pasar memperkuat pemahaman bahwa masyarakat sedang mengalami masa-masa sulit ekonomi di sana.

Jumlah barang yang melewati Gerbang Perbatasan Karm Abu Salim untuk mensuplai barang dagangan dari Israel ke Gaza mengalami penurunan sebesar 60 persen. Penurunan itu menunjukan bahwa daya beli masyarakat disana menurun drastis.

Menurut hasil data resmi, ekonomi di Gaza mengarah pada keruntuhan. Tingkat pengangguran 46 persen, artinya terdapat sekitar 250.000 pengangguran di kota ini. Pengangguran dalam katagori lulusan universitas lebih banyak terlihat yaitu 67 persen.

Pekan lalu perwakilan dari sektor swasta di wilayah tersebut mengeluhkan kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas bahwa persentase warga yang hidup di bawah garis kemiskinan mencapai angka 65 persen. Selain itu kualitas makanan sangat rendah.

Mereka menuntut Abbas untuk memberikan gaji pegawai tanpa terhenti, dan mencabut pajak hingga permasalahan ekonomi selesai.

Selain itu, perwakilan sektor swasta juga meminta Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi untuk membuka Gerbang Perbatasan Refah. (Anadolu)

Leave Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2021, All Rights Reserved